VISI MISI PULITNUM
VISI
Menjadi Pusat Unggulan dalam Penguatan Didactical Enginering dan Computational Thinking untuk Permasalahan Literasi dan Numerasi yang diakui secara nasional dan internasional
MISI
- Mengembangkan dan menerapkan pendekatan rekayasa didaktis inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan berpikir komputasional dalam literasi dan numerasi.
- Menyediakan pelatihan dan pengembangan profesional bagi pendidik untuk mengintegrasikan pendekatan rekayasa didaktis dan berpikir komputasional dalam pembelajaran literasi dan numerasi.
- Melaksanakan riset dan kolaborasi lintas disiplin untuk mengidentifikasi solusi-solusi terbaru dalam meningkatkan literasi dan numerasi melalui penggunaan berpikir komputasional dan rekayasa didaktis.
- Menyelenggarakan forum, seminar, dan konferensi secara berkala untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan penelitian terbaru dalam bidang literasi, numerasi, berpikir komputasional, dan rekayasa didaktis.
- Berkolaborasi dengan lembaga pendidikan, pemerintah, dan industri untuk mengimplementasikan praktik terbaik dalam meningkatkan literasi dan numerasi menggunakan pendekatan berpikir komputasional dan rekayasa didaktis.
TUJUAN
-
Meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi masyarakat melalui pendekatan yang berbasis pada berpikir komputasional dan rekayasa didaktis.
-
Menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan inovatif untuk memfasilitasi perkembangan literasi dan numerasi yang berkelanjutan.
-
Menjadi pusat rujukan dan sumber daya utama bagi para pendidik, peneliti, dan praktisi dalam bidang literasi, numerasi, berpikir komputasional, dan rekayasa didaktis.
-
Menyumbangkan pengetahuan dan praktik terbaik kepada masyarakat luas untuk mendukung upaya meningkatkan literasi dan numerasi secara nasional dan internasional.
FOKUS DAN RUANG LINGKUP RISET
Fokus, ruang lingkup dan arah riset PULITNUM mempunyai prioritas dari “riset berbasis masalah” menuju pada “kebijakan berbasis riset”. Ruang lingkup dari inovasi dan penelitian dalam PULITNUM diklasifikasikan sebagai berikut.
- Pendidikan dan Pengembangan Pengetahuan Didaktis Guru terkait literasi dan numerasi.
- Integrasi Computional Thinking pada Literasi dan Numerasi.
- Pengetahuan konten literasi dan numerasi untuk siswa.
- Pengembangan dan Penerapan Teknologi untuk literasi dan numerasi.
- Penilaian dan Evaluasi untuk Literasi dan Numerasi.
- Perangkat Pembelajaran Inovatif untuk Literasi dan Numerasi.
- Kebijakan penjaminan mutu praktik guru berbasis riset literasi dan numerasi.