PULITNUM Achievements

Pusat Unggulan Literasi dan Numerasi (PULITNUM) Universitas Negeri Yogyakarta kembali mencatat capaian penting dalam pengembangan literasi ilmiah. Dua artikel hasil riset tim peneliti PULITNUM berhasil dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi dan terindeks Scopus. 

Artikel pertama berjudul “Parenting and beliefs in mathematics learning: Insights from highly educated parents of high-achieving students” dipublikasikan di Issues in Educational Research (Q2). Penelitian ini menggali keyakinan dan gaya pengasuhan orang tua berpendidikan tinggi terhadap pembelajaran matematika anak-anak mereka yang berprestasi. Hasil studi menunjukkan adanya keterkaitan erat antara keyakinan relasional tentang matematika dengan penerapan pola asuh demokratis yang mendukung perkembangan sikap positif dan prestasi anak dalam belajar matematika.

Artikel kedua berjudul “The Role of Spatial Anxiety in The Relationship Between Mathematics Anxiety and Spatial Reasoning” diterbitkan di Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science (ERIES Journal, Q2). Riset ini mengungkap peran spatial anxiety sebagai mediator dalam hubungan antara mathematics anxiety dan spatial reasoning pada siswa sekolah dasar di Jakarta. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam memahami faktor afektif yang memengaruhi kemampuan penalaran spasial serta memberikan rekomendasi intervensi pendidikan yang lebih efektif.

Pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen PULITNUM dalam menghadirkan riset yang berkualitas dan berdampak pada pengembangan literasi serta numerasi di Indonesia maupun dunia. Ke depan, PULITNUM akan terus memperkuat kontribusi melalui penelitian, publikasi, dan kolaborasi internasional.